5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Turun Gunung

Turun gunung adalah sederet kegiatan wajib dari serangkaian aktivitas selama pendakian di gunung yang menyenangkan sekaligus menyebalkan.


Di satu sisi menyenangkan karena berakhir sudah rentetan kegiatan pendakian gunung, namun di sisi lain sekaligus menyebalkan karena dalam keadaan lelah masih harus tetap berjalan dengan medan menurun yang membuat kaki harus berpijak lebih kuat. Berikut hal yang harus diperhatikan pendaki saat turun dari gunung:

1. Bawa turun sampah

Ini hal yang sepele sekaligus penting yang harus diperhatikan bagi para pendaki yaitu bawa turun sampah kembali. Jangan sampai kita mengotori lingkungan alam yang telah memberikan dan menawarkan kita begitu banyak pemandangan alam yang indah sekaligus menakjubkan. Pendaki yang hebat adalah pendaki yang bertanggung jawab dan tahu etika.

2. Setia kawan

Pendaki harus memegang prinsip “berangkat bareng pulang juga harus bareng”. Itu sudah menjadi komitmen dalam satu tim. Solidaritas di gunung harus tetap dijunjung tinggi. Jangan karena ego dalam diri dan merasa paling kuat kita lantas bebas begitu saja meninggalkan kawan dan teman seperjuangan ketika kita mendaki dan berhasil sampai puncak.

3. Jangan turun malam hari

Terlalu berisiko jika memaksakan diri turun di malam hari. Dalam keadaan tubuh yang lelah, turun gunung malam hari tentu menguras fisik dan kehati-hatian karena medan yang begitu gelap serta sedikit mengurangi fungsi panca indera penglihatan kita.

4. Jangan terburu-buru

Medan pegunungan yang begitu curam, jalur yang sulit dan terkadang beberapa jalur pendakian mengandung material pasir dan bebatuan berisiko cedera Jangan terburu-buru dan lari saat menuruni gunung. Tetap konsentrasi dan fokus karna selama berada di jalur pendakian kita tidak tahu medan seperti apa yang kita hadapi di depan.

5. Ingat persediaan logistik

Minimal kita harus punya persediaan air dan perbekalan yang cukup selama menuruni gunung. Jaga-jaga ditengah jalan ada hal yang tidak diinginkan yang memungkinkan kita untuk stay satu malam lagi di gunung.

Post a Comment

2 Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  2. 5 best youtube channels that can reach millions of people on
    youtube channel is the perfect source for youtube converter any conversation. The Youtube channel for your conversation, videos, interviews, videos and more. youtube channel is a trusted channel of millions

    ReplyDelete