5 Bumi Perkemahan Yang Ada Di Bogor (Part 1)

1. Suaka Elang Loji
Suaka Elang Loji merupakan tempat penangkaran Elang Jawa yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, jadi selain berkemah kita juga bisa mendapatkan edukasi mengenai kehidupan Elang Jawa. Fasilitas yang lumayan lengkap seperti mushala dan toilet yang bersih menjadikan tempat ini cocok untuk keluarga menghabiskan waktu liburnya. Tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan terdapat jembatan gantung serta air terjun yang berjarak sekitar 1 kilometer dari perkemahan menjadikan tempat ini disenangi kaula muda.
Rute untuk menuju Suaka Elang Loji dari kota Bogor bisa malalui Batu Tulis menuju arah Cijeruk hingga sampe di desa Ciburayut kecamatan Cigombong.
.
Tiket Berkemah: Rp 20.000.


2. Bodogol
Bodogol adalah pusat pendidikan konservasi alam dan tempat penangkaran Owa Jawa yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di tempat ini juga terdapat aula yang bisa dipakai untuk penelitian dan Loop Canopy Trail sepanjang 2 kilo meter yang bisa dijadikan sarana untuk belajar kehidupan Owa Jawa di alam liar serta flora dan fauna yang hidup di sekitar lintasan Loop Canopy Trail. Akses yang terbilang cukup sulit akan terbayarkan dengan suasa asri dari tempat ini.
Rute menuju Bodogol dari kota Bogor bisa melalui jalan raya Bogor-Sukabumi hingga sampai di gerbang Resort Lido kecamatan Cigombong. Dari situ anda menuju desa Ciletuh yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Bodogol.
Tiket Berkemah: Rp 23.000.

3. Curug Nangka
Bumi perkemahan Curug Nangka berada di lereng Gunung Salak ini sangat cocok untuk keluarga yang ingin berlibur, selain akses nya yang mudah, di dekat tempat berkemah sudah banyak terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman. Serta air terjun yang indah yang berjarak tidak jauh. Tetapi buat yang membawa makanan untuk berhati-hati dengan beberapa monyet yang agresif terhadap pengunjung.
Rute menuju Curug Nangka dari kota Bogor bisa melalui jalan dari BTM menuju Ciapus. Dari pertigaan Ciapus ambil belokan ke kanan menuju Resort Highland Park, sampai di Resort tersebut lalu belok kiri hingga sampai pintu masuk Curug nangka.
Tiket Berkemah: Rp 22.500.


4. Barubolang
Barubolang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional gunung Gede Pangrango. Tempat yang mungkin asing bagi beberapa orang dikarenakan akses menuju perkemahan yang sulit serta tidak begitu banyak menawarkan destinasi yang menarik. Akan tetapi suasana yang rindang dan terdapat aliran sungai yang jernih cocok untuk melakukan aktivitas berkemah dan pelatihan dasar.
Rute untuk menuju bumi perkemahan Baru Bolang bisa memalui jalan alternatif Citeko menuju arah Cisarua, hingga sampai di kampung Sukagalih. Dari situ jalan harus dilewati adalah jalur berbatu.
Tiket Berkemah: Rp 27.500.

5. Curug Cipeuteuy
Curug Cipeuteuy barada di lereng Gunung Salak, lokasinya berdekatan dengan situs sejarah Cibalay. Jadi sebelum sampai di tempat perkemahan yang rindang ini akan melewati tumpukan batu yang disebut dengan Arca, dimana kita bisa melihat sejarah kearifan warga zaman dulu. Tidak jauh dari perkemahan terdapat beberapa air terjun dengan kolam yang airnya jernih.
Rute untuk menuju bumi perkemahan Curug Cipeuteuy yang berada di desa Tapos1 1 kecamatan Tenjolaya sama seperti Curug Nangka hanya saja saat sampai di Resort Highland Park mengambil jalan kanan melewati wisata Curug Luhur hingga menemukan plang bertuliskan Arca Domas, Dari situ tinggal mengikuti jalan menuju Situs Cibalay.

Tiket Berkemah: Rp 25.000.

Post a Comment

2 Comments

  1. Replies
    1. Iya vegetasinya kebanyakan Pinus, tapi ada juga tempat camping dengan view ketinggian

      Delete